(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

FGD Hari Kedua, Pelaksanaan Asistensi Penerapan SPBE Tahun 2022

Admin kominfosanti | 13 Mei 2022 | 534 kali

Pada hari Jumat 13 Mei 2022, Dinas Kominfosanti yang diwakili oleh Pranata  Komputer Ahli Muda,  Ketut Devi Paradika mengikuti hari kedua acara Focus Group Discussion (FGD) Pelaksanaan Asistensi Penerapan SPBE Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB. 

cara diisi dengan materi tentang Audit Infrastruktur SPBE dan Audit Aplikasi SPBE yang disampaikan oleh narasumber Andrari Grahitandaru, Perekayasa Ahli Utama TIK/Auditor Teknologi Utama Badan Riset Inovasi Nasional.  Narasumber menyampaikan bahwa audit Infrastruktur SPBE dan audit Aplikasi SPBE  merupakan tugas dan kewenangan dari BPPT, sedangkan untuk audit keamanan SPBE merupakan tugas dan kewenangan dari BSSN. Narasumber mengharapkan agar kegiatan Audit SPBE ke depannya akan menjadi budaya di IPPD.  Sebelum dilakukan audit eksternal, perlu dilakukan audit internal dengan menggunakan aplikasi Audit Tools milik BPPT serta perlu melibatkan Inspektorat sebagai koordinator kegiatan audit dimaksud karena inspektorat sebagai pelaksana Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Materi selanjutnya adalah Manajemen Data yang disampaikan oleh narasumber Heriyadi, S.Sos.MT. MSc. Perencana Ahli Madya, Direktorat Sistem dan Prosedur Pemantauan,  Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas. Narasumber menyampaikan tujuan manajemen data SPBE adalah menjamin terwujudnya Data yang akurat, mutakhir, terintegrasi, dan dapat diakses sebagai dasar  perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan nasional. Adapun Aktor yang terlibat dalam manajemen SPBE adalah produsen data, pembina data, wali data, dan pengguna data. Narasumber juga menjelaskan rangkaian proses pengelolaan manajemen data yang terdiri dari arsitektur data, data induk dan data referensi, basis data, dan kualitas data.

Materi terakhir adalah Tata kelola infrastruktur SPBE yang disampaikan oleh Yusuf Simapatupang dari Kementerian Kominfo, di mana narasumber menyampaikan hal-hal terkait aplikasi umum, aplikasi khusus, standar teknis & prosedur pembangunan serta pengembangan aplikasi SPBE, taksonomi referensi arsitektur infrastruktur SPBE nasional, Pusat Data Nasional (PDN), dan jaringan intra pemerintah.

Acara FGD ditutup dengan diskusi dan tanya jawab seputar SPBE.