(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Apa Itu Bandwidth dan Bagaimana Cara Menentukan Kapasitas Bandwidth?

Admin kominfosanti | 28 Mei 2013 | 2026 kali

Sebelum kita bicara lebih lanjut tentang cara menentukan kapasitas bandwidth, kita ketahui lebih dulu apa itu bandwidth? Bandwidth adalah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu yang dihitung dalam satuan bps. Bandwidth menunjukkan kapasitas atau volume data yang dapat ditransfer dalam satuan waktu. Bila bandwidth besar maka akan memungkinkan berhasilnya pengiriman informasi (terloadnya web) dengan lebih cepat.

Seorang pengguna internet, terutama pengguna layanan webhosting, harus bisa memperhitungkan perkiraan bandwidth yang dibutuhkan. Ini berguna agar dalam memilih paket hosting bisa sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menentukan kapasitas bandwidth bisa dilihat berdasarkan hal-hal berikut:
1. besarnya halaman yang diload

2. jumlah pengunjung

3. jumlah halaman yang dilihat pengunjung

Sebagai contoh jika sebuah situs memiliki ukuran halaman rata-rata 100 Kb dan memiliki jumlah halaman sebanyak 10 buah, maka dibutuhkan kira-kira 1000 Kb untuk membuka semua halaman. Jika dalam satu masa ada 1000 pengunjung yang membukanya dan semua pengunjung mengklik seluruh halaman, maka bandwidth yang dibutuhkan adalah: 1000 Kb x 1000 = 1000000 Kb atau sekitar 1 GB.

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk menentukan kapasitas bandwidth, harus selalu memperhatikan ukuran halaman web, perkiraan jumlah pengunjung dan perkiraan halaman web yang dibuka. Hal-hal inilah yang mempengaruhi perhitungan bandwidth sebelum memilih paket hosting. Simak penjelasan cara menentukan kapasitas hosting di artikel yang lalu.

Jika kita melihat sebuah layanan webhosting, biasanya sudah ditentukan paket-paket hosting dengan kapasitas disk space tertentu dan dengan ukuran bandwidth tertentu. Contoh: paket hosting 50MB dengan kapasitas bandwidth sebesar 500MB. Paket-paket seperti ini tentu saja berbeda antara webhosting satu dengan webhosting lainnya.

Coba anda pilih layanan webhosting yang menawarkan bandwidth besar dan bukan hanya menyediakan disk space hostingnya saja yang besar. Sehingga nantinya ketika blog/website anda punya trafik pengunjung yang banyak, anda tidak akan kehabisan bandwidth. Dengan bandwidth yang besar pula stabilitas pengiriman informasi dapat disampaikan dengan cepat dan akurat. Anda tidak akan khawatir kena bandwidth exceeded.

Demikian penjelasan mengenai bandwidth dan bagaimana cara menentukan kapasitas bandwidth. Mudah-mudahan berguna.