(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Endek dan Songket Buleleng Jadi Primadona

Admin kominfosanti | 13 Juli 2018 | 1850 kali

Jumlah pelaku UKM Buleleng di Buleleng sesuai di Dinas Kopdagprin Buleleng sebanyak 9.321 UKM. Jumlah ini terbagi ke dalam UKM bidang perdagangan sebanyak 5.837; kemudian UKM bidang perindustrain pertanian sebanyak 1.568; serta UKM bidang industry non pertanian sebanyak 1.220,dan aneka jasa sebanyak 696 pelaku.

Jenis usaha dari UKM Buleleng ini, antara lain, pembuatan keramik, tekstil, tempe kedelai, reproduksi media rekam film dan video, industry kue basah, furniture kayu, pengolaha kopi dan teh, kerajinan kayu, kerajinan bambu, album pelepah pisang, industry roti, air minum dalam kemasan, dupa, pagar terali besi, cetak kartu nama, printing, kain endek dan songket, pupuk organic, minyak angina aromatic, foto copy dan penjilidan, pembuatan tikar, anyaman rotan, jamu, pembuatan abon dan sudang lepet, kerajinan perak dan emas, dulang dan peralatan upacara, minuman anggur, dodol, sablon, susu kambing segar, es krem, gong gambelan, kue kering, aneka jajan,permen kopyos.

Sentra dari UKM untuk kain tenun endek, yang masih aktif, terdapat di Desa Bondalem Kecamatan Tejakula, Desa Kalianget Kecamatan Seririt, Desa Sinabun Kecamatan Sawan, dan Desa Pacung Kecamatan Tejakula.

Terkait industry kain endek dan songket benang sutra , menurut Kadis Kopdagprin Buleleng, Made Arnika, setiap kali diadakan pameran , kain endek dan songket benang sutra alam menjadi produk primadona pilihan pengunjung. “Endek dan songket benang sutra paling digemari,dan banyak laku, “ucapnya. Kemudian rangking berikutnya yang digemari pengunjung pameran adalah kerajinan alumunium, kerajinan anyaman bambu, dan kerajinan lainnya, “ tambahnya.

Sima 2014

Download disini