(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

MENENGOK DESA WISATA GITGIT

Admin kominfosanti | 04 Juni 2018 | 826 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng telah menetapkan Desa Gitgit sebagai salah satu desa wisata Kabupaten Buleleng. Terletak di dataran tinggi Kecamatan Sukasada, Desa Gitgit mempunyai daya tarik wisata alam tersendiri. Ada berbagai objek wisata eksotik yang bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun  manca negara, diantaranya air terjun gitgit, air terjun bertingkat, air terjun campuhan, air terjun colek pamor, wisata petualangan dan berbagai cindramata yang dijajakan oleh masyarakat setempat sebagai oleh-oleh. Jika kita berwisata ke desa Gitgit, kita akan menempuh jarak  kurang lebih 11 km ke arah selatan dari kota Singaraja dan diperlukan waktu tempuh kurang lebih 30 menit menuju wisata Desa Gitgit. Sedangkan kalau kita berangkat dari kota Denpasar kurang lebih berjarak 90 km.

Menurut perbekel Desa Gitgit, Putu Wardana, menjelaskan masyarakat menyambut baik dengan ditetapkannya Desa Gitgit sebagai Desa Wisata. “Kami sampaikan terimakasih kepada Pemkab Buleleng karena telah menetapkan Desa Gitgit sebagai salah satu desa wisata yang ada dim Kabupaten Buleleng. Karena kalau kita lihat dari potensinya, Desa Gitgit mempunyai banyak objek wisata alam yang indah dan sudah dikunjungi banyak wisatawan, seperti objek wisata air terjun gitgit, air terjun bertingkat, air terjun campuhan, air terjun colek pamor dan wisata alamnya”, kata Perbekel Desa Gitgit. Dijelaskan pula untuk sarana pendukung kawasan wisata Gitgit, seperti infrastruktur jalan yang sudah baik, sehingga wisatawan dengan mudah dapat mengakses kawasan wisata Gitgit. Insrastruktur lainnya seperti tempat parkir untuk pengunjung juga sudah ada. Terlebih tempat-tempat pendukung pariwisata lainnya seperti hotel dan restoran juga ada disekitar objek wisata. Jika wisatawan ingin membeli sofenir ataupun oleh-oleh, wisatawan bisa berbelanja di artshop-artshop yang dikelola masyarakat setempat. Kelompok sadar wisata setempat siap memandu wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Gitgit. Perbekel Desa gitgit menambahkan, selama ini pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk dapat memajukan pariwisata Gitgit, dengan harapan warga masyarakatnya dapat merasakan peningkatan kesejahteraan dengan kemajuan pariwisata Gitgit.

Sementara di tempat terpisah, Made Wartama yang berprofesi sebagai pelaku pariwisata di desa Gitgit mengatakan senang dan bangga Desa Gitgit sebagai salah satu tujuan wisata lokal maupun manca negara. “Senang, Desa Gitgit bisa maju pariwisatanya. Jika pariwisata maju, dapat membuka lapangan kerja buat kami dan meningkatkan pendapatan kami, tidak hanya sebagai petani, juga bisa menambah penghasilan dari sektor pariwisata”, tambahnya. Selama ini Wartama bekerja sebagai penjaga loket masuk kawasan wisata Air Terjun Bertingkat Gitgit.

Biar ga penasaran, yuk kita tengok Desa Wisata Gitgit lebih dekat dan jangan lupa untuk berkunjung kesini ya,....!!!!

her

SIMA