(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

PESONA WISATA DESA SAMBANGAN

Admin kominfosanti | 05 Juli 2018 | 2481 kali

uhan memberikan keindahan dan pesona alam yang begitu menakjubkan. Salah satu keindahan alam yang ada di Kabupaten Buleleng adalah kawasan wisata Desa Sambangan. Terletak di Kecamatan Sukasada, Desa Sambangan adalah salah satu desa wisata yang ditetapkan Pemkab. Buleleng. Terdapat beberapa pesona objek wisata yang tak kalah indahnya dengan kawasan wisata lainnya, seperti air terjun aling-aling, air tejun pucuk, air terjun kembar, air terjun cemara, air terjun canging, air terjun dedari dan air terjun kroya. Selain wisata air terjun yang menawan, wisatawan juga bisa menikmati terasiring cengana, jembatan cinta cengana, wisata adventure dan kuliner. Untuk dapat menuju kawasan wisata Sambangan, jika kita berangkat dari kota Singaraja mengendarai sepeda motor atau mobil waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit. Berjarak kurang lebih 11 km sebelah barat daya dari kota Singaraja. Kalau dari kota Denpasar berjarak sekitar 90 km menuju objek wisata Sambangan

Menurut Perbekel Desa Sambangan, Nyoman Slamet Arya menjelaskan Desa Sambangan mempunyai daya tarik wisata yang sangat cocok untuk dijadikan referensi saat liburan karena memiliki daya trik tersendiri dan unik. Banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke desa Sambangan untuk menikmati wisata alam yang ada di desa Sambangan. Terkait dengan ditetapkannya Desa sambangan sebagai desa wisata oleh Pemkab Buleleng, Slamet Arya mengatakan, pihaknya merasa senang dan mengapresiasi baik. Semoga dengan ditetapkannya desa Sambangan sebagai desa wisata dapat memberi manfaat lebih kepada warga desa Sambangan, bisa menggerakkan roda perekonomian dan membuka lapangan kerja di bidang pariwisata. “Pemerintah sangat tepat memberikan kami sebagai desa wisata, ini terbukti dari kunjungan wisata yang datang ke Sambangan dari tahun kemarin semakin banyak. Semua ini tidak terlepas dari anugrah tuhan yang memberikan keindahan alam desa Sambangan” tambahnya. Untuk lebih memantapkan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke Sambangan, sudah dibentuk semacam kelompok sadar wisata yang mengelola kawasan objek wisata Sambangan yaitu kelompok darwis Tunjung Mekar. Kelompok darwis ini siap  memandu para wisatawan untuk menikmati pesona alam Desa Sambangan.

Salah satu pesona objek wisata alam yang ada di sambangan adalah air terjun aling-aling. Air terjun aling aling mempunyai ketinggian 35 m yang memiliki keunikan tersendiri. Air yang mengalir dari puncaknya terbagi menjadi dua terjunan air yang berdampingan. Yang sebelah kanan debit airnya lebih besar dibandingkan dengan debit air yang sebelah kiri. Jika kita melihat kesekitar, kita akan terasa di alam yang bebas penuh tantangan alam dengan tebing-tebing tinggi dan pepohonan yang rindang. Selain ada air terjun yang indah, dibawah air terjun juga terdapat cekungan seperti kolam yang kedalamannya kurang lebih 4 meter. Kolam ini dapat digunakan untuk berenang maupun berendam, bermain air sambil menikmati segarnya air yang jatuh dari tebing tinggi. Untuk melakukan aktifitas di air, kita harus ditemani oleh pemandu wisata lokal untuk memberikan informasi dan keamanan saat kita berada di air. Suasana akan semakin menyenangkan jika kita berwisata dengan keluarga. Tumpahkan semua canda tawa bersama desiran angin dan eksotinya air terjun aling-aling. Untuk dapat menuju lokasi air terjun aling-aling, jika kita berangkat dari kota Singaraja mengendarai sepeda motor atau mobil waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit. Berjarak kurang lebih 11 km sebelahah barat daya dari kota Singaraja. Kalau dari kota Denpasar berjarak sekitar 90 km menuju objek wisata aling-aling.

Menurut salah satu pelaku wisata, Made Maharba Wibawa yang bertugas sebagai reseption kawasan wisata Sambangan, selain objek wisata air terjun aling-aling, juga masih terdapat objek wisata air terjun lainnya, diantaranya air tejun pucuk, kembar cemara, canging, dedari dan kroya. Semua objek wisata itu dapat kita nikmati jika berkunjung ke Desa Sambangan. Untuk dapat menikmati wisata terasering persawahan, kita bisa mengunjungi kawasan terasering cengana. Di sini kita bisa melihat indahnya hamparan sawah berundag undag dengan suasana pedesaan. Sesekali kita bisa berfoto-foto mengabadikan indahnya hamparan sawah yang menakjubkan. Jumping dan ada juga sliding juga salah satu wisata andalan desa sambangan. Saat ini pesona tersembunyi wisata Desa Sambangan terus dikunjungi oleh banyak wisatawan baik wisatawan lokal, bahkan manca negara. Tidak kurang dari 50 orang setiap hari yang datang mengunjungi kawasan wisata Sambangan ini. Terlebih saat hari-hari libur, wisatawan yang datang akan membeludak bahkan sampai terjadi kemacetan di jalan menuju lokasi wisata Sambangan. Bagi yang senang dengan wisata adventure, juga ada objek wisata adventure, seperti krisna adventure. Ada juga wisata tracking dan wisata kuliner.

Menurut Perbekel Desa Sambangan, sarana pendukung wisata desa Sambangan diataranya infrastruktur jalan menuju lokasi wisata sudah baik dan dapat dilalui dengan kendaraan sehingga memudahkan akses wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Sambangan. Selain itu pula disana juga sudah terdapat beberapa tempat penginapan, seperti Hotel Shanti, villa dan rumah makan. Untuk yang senang dengan wisata kuliner dan adventure juga terdapat wisata Krisna Adventure dan Kuliner. Untuk menjaga kelestarian lingkungan, telah dilakukan berbagai upaya oleh Pemerintah Desa Sambangan yaitu dengan selalu melakukan sosialisi tentang kebersihan dan pelestarian lingkungan kepada pelaku pariwisata dan masyarakat setempat. Dibentuk juga kelompok peduli sampah pelastik yang selama ini membantu dalam hal pengangkutan sampah-sampah yang dihasilkan dari kawasan wisata untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah sementara. Sementara untuk pelestarian hutan Pemerintah Desa Sambagan telah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk saling menjaga kelestarian hutannya. “Kami mengajak semua pihak untuk turut menjaga keletarian lingkungan, dengan lingkungan yang asri dan terjaga tentunya alam akan selalu bersahabat dengan kita” ungkap pria dengan empat orang anak ini. Kalau kita ceritakan tertang indahnya objek wisata Sambangan tidak akan pernah habisnya. Untuk bisa merasakan eksotiknya wisata alam Sambangan, tunggu apa lagi, yuk melancong ke destinasi wisata Sambangan. Pasti mantap. (her)