(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Semangat Bersih-Bersih

Admin kominfosanti | 12 Juli 2018 | 801 kali

Ada hal yang menar­ik untuk diama­ti belakangan ini. Apa itu? Hampir di semua wilayah perkantoran di lingkungan Pemerintah Ka­bupaten Buleleng dilakukan gerakan bersih-bersih. Se­mangat membersihkan kantor dan lingkungan di sekitar itu dimulai dari program Bule­leng Bebas Sampah Plastik tahun 2015. Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST dalam berbagai kesempatan, mensosialisasikan program ini dengan harapan segera disambut dan ditindaklanjuti oleh semua aparat pemerintah dan masyarakat Buleleng.

Gerakan kebersihan itu kini benar-benar sedang bergeliat di kantor-kantor pemerintah. Apalagi ada in­formasi yang bisa dipercaya bahwa dalam waktu tak lama lagi akan diadakan evalua­si kebersihan kantor. Maka, gerakan kebersihan di SKPD pun kian menguat. Ada yang melakukan kerja bakti ke­bersihan Jumat-an, ada yang menata taman, ada yang mempercantik ruangan, dan banyak lagi kiat yang dilaku­kan untuk menciptakan sua­sana kantor yang nyaman dan asri. Untuk menyemangati para pegawai memperindah ruangannya, ada kantor pe­merintah mengadakan lomba kerbersihan dan keindahan antarruangan. Tentu saja ini gerakan positif. Rupanya se­mangat Bupati Buleleng mu­lai merambah hingga ke jaja­rannya yang terbawah.

Tak hanya itu. SKPD pun diwajibkan untuk bertin­dak sebagai “bapak angkat” kelurahan dalam gerakan kebersihan. Apa maksudn­ya? Di samping upaya-upaya mandiri yang dilakukan oleh kelurahan, SKPD diwajib­kan ikut berperan mendorong agar kelurahan “binaan”-nya menjadi bersih dan bebas sampah plastik. Setiap SKPD dipastikan menjadi “bapak angkat” kelurahan tertentu dan mulai bergerak den­gan melakukan identifikasi permasalahan yang ada di kelurahan terkait dengan ke­bersihan dan penanggulangan sampah plastik. Setelah per­masalahannya diidentifikasi, barulah kemudian dicarikan jalan keluarnya. Maka, tidak bisa tidak, di samping harus berupaya membuat kinclong kantornya sendiri, SKPD juga membantu memotivasi agar kelurahan “binaan”-nya kian bergiat mewujudkan kebersi­han lingkungan. Apalagi, nantinya akan diadakan lom­ba kebersihan antarkelurahan.

Upaya menciptakan wilayah yang bersih ini ten­tu harus dilakukan secara komprehensif dan sistemik. Komprehensif dimaksudkan, semua pihak dilibatkan mulai dari perencanaan, pelaksa­naan, hingga pengevaluasian program ini. Upaya yang satu mendukung upaya yang lain, saling melengkapi dan bersinergi. Sistemik dimak­sudkan, agar upaya ini dilaku­kan dengan diatur oleh sistem operasional dan prosedur (protap) yang pasti dan jelas, di samping regulasi yang su­dah menjadi dasarnya.. Pada tingkat pelaksanaan di SKPD, misalnya, bagaimana caranya agar pemilahan jenis sampah yang dilakukan SKPD pada bak sampah setempat tidak kembali disatukan/dicampur ketika dibuang oleh clean­ing service ke TPS terdekat. Demikian juga dengan pre­dikat yang disandang SKPD sebagai “bapak angkat.” Da­lam konteks ini, seyogianya SKPD lebih bertindak se­bagai pendorong/motivator/ fasilitor gerakan kebersihan. Secara berkala mungkin baik sekali jika pegawai SKPD terjun ke areal binaan untuk ikut bersih-bersih, tetapi jan­gan sampai SKPD akhirnya mengambil alih tugas sebagai “petugas kebersihan” di kelu­rahan binaannya itu. Hal ini tentu saja tidak baik, karena cenderung akan membuat penghuni setempat menjadi penonton alias pasif daripa­da berpartisipasi aktif dengan kesadaran penuh menjaga kebersihan wilayahnya. Se­harusnya, secara bertahap masyarakat secara mandi­ri bisa menjaga kebersihan wilayahnya. Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan sangat diperlukan, terutama di awal gerakan ini.

Akhirnya, mari kita sambut ajakan Bupati untuk melakukan gerakan hidup bersih dan sehat. Mari kita ciptakan suasana kantor yang bersih, rapi, dan asri sehing­ga memberi nilai positif da­lam menumbuhkan semangat bekerja. Mari kita perkuat gerakan Buleleng Bebas Sampah Plastik Tahun 2015. No plastic waste! Bersama kita bisa! Pasti bisa! (iks).

Sima 2014