(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

WISATA PEDESAAN AMBENGAN

Admin kominfosanti | 05 Juli 2018 | 2410 kali

Desa Ambengan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sukasada yang jaraknya 5 km dari kota Singaraja. Karena potensi wisata yang dimilikinya, Desa Ambengan telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Buleleng sebagai salah satu desa wisata dari sepuluh desa wisata yang ditetapkan Pemkab Buleleng. Desa Ambengan menawarkan potensi pariwisata alam dengan keindahan dan keasriannya yang begitu menkjubkan. Diantara potensi pariwisata alam tersebut antara lain wisata air terjun jembong, terasering persawahan, wisata camping, trakking, atau sekedar jalan santai menikmati suasana pedesaan Desa Ambengan. Selain itu pula ada beberapa kerajinan tangan yang diproduksi oleh masyarakat setempat. Hasil kerajinan tangan berupa album dari pelopah pisang dan bahan alami lainnya, ada juga bingkai foto, kranjang dan masih banyak lagi kreasi kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

Ditemui di kantor perbekel Desa Ambengan, Gede Kaya yang menjabat sebagai Sekretaris Desa Ambengan menjelaskan Desa Ambengan memiliki banyak potensi wisata yang sudah mulai digali dan dikembangkan. Diantara potensi tersebut adalah air terjun jembong, wisata camping jembong, pemandangan hamparan terasering sawah, kawasan wisata pebantenan dan wisata petualangan juga ada. Sebagian juga dari masyarakat Ambengan berprofesi sebagai pengerajin rumah tangga. Kerajinan anyaman bambu ataupun kerajianan album dari pelepah pisang ataupun daun kupu-kupu, daun waru, dan bahan alami lainnya tentunya ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk mengelola potensi wisata alam telah dibentuk kelompok sadar wisata yang mengelola kawasan wisata ini. Kelompok darwis ini bernama Banten Sari yang di setiap dusunnya ada kordinator wilayahnya. Terkait dengan penetapan Desa Ambengan sebagai desa wisata, pihaknya bersama masyarakat menyambut dengan baik dan positif kebijakan pemerintah tersebut. “Dengan ditetapkannya Ambengan sebagai desa wisata kami menyambut dengan baik, tentunya telah dilakukan langkah-langkah awal sepeti menjaga kebersihan lingkungan desa, menata potensi-potensi wisata dengan melibatkan kelompok sadar wisata yang ada. Semoga dengan ini akan lebih memacu semangat masyarakat kami untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa Ambengan sehingga nanti diharapkan wisata desa Ambengan berkembang dengan baik dan dikenal oleh wisatawan” imbuh Gede Kaya. Semua keindahan alam yang telah dianugrahkan Tuhan yang tak ternilai indahnya ini harus dijaga dan lestarikan. Pihaknya selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat maupun pelaku pariwisata agar senantiasa menjaga alam yang begitu indah ini. Dilihat dari penunjang kepariwisataan yang ada masih perlu ditingkatkan. Pemerintah Desa terus berkoordinasi dengan instansi terkait dan kelompok sadar wisata yang ada sehingga ke depan pengembangan objek wisata ini bisa lebih baik dan memberikan efek perputaran roda ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dari sekian potensi wisata yang dimiliki desa Ambengan ada beberapa yang sudah dikunjungi banyak wisatawan salah satunya adalah air terjun jembong. Objek wisata air terjun jembong terletak di Dusun Jembong Desa Ambengan. Jarak dari Kota Singaraja kurang lebih 9 km dengan waktu tempuh 45 menit. Terletak di antara kebun penduduk dengan pohon-pohon tropisnya, air terjun jembong menawarkan keindahan alam yang begitu eksotik. Ya benar saja, sesampainya di lokasi air terjun, semua keindahan alam akan terasa sempurna terhampar di depan mata. Aliran air yang begitu jernih jatuh dari atas mengalir begitu derasnya. Air yang masih segar dan dingin sebening kristal akan menggoda kita untuk sekedar meraup muka dengan airnya. Namun demikian bagi yang mau mandi atau sekedar berendam, di bawah air terjun kita bisa berenang sambil berfoto-foto ria. Yang Suasana akan semakin menyenangkan jika kita berwisata kesini bersama-sama sahabat ataupun orang dekat anda. Anda bisa melepaskan semua kesibukan yang selama ini menjadi rutinitas sehari hari. Berfoto ria sambil canda tawa lepaskan kepenatan. Yang pasti pasti objek wisata ini mengasikkan untuk dikunjungi.

Menurut ketua kelompok darwis korwil Jembong, Made Suneka, Selain memiliki aliran sungai air terjun jembong, di objek wisata ini ada juga kolam-kolam yang ditata sedemikian rupa yang melengkapi indahnya air terjun Jembong. Kelompok darwis yang terdiri dari 26 anggota ini berusaha mengembangkan potensi wisata air terjun jembong ini dengan berbagai usaha. “Kami berusaha mengembangkan objek wisata ini dengan menata potensi wisata yang ada. Saat ini juga telah dikembangkan objek wisata camping di air terjun jembong”, imbuhnya. Wisatawan nantinya bisa camping bersama keluarga di lokasi ini. Disekitar objek wisata air terjun jembong kelompok ini menata lingkungan objek wisata dengan membuat kolam-kolam alami yang diisi dengan ikan-ikannya. Akan terlihat begitu indah. Selain itu juga berbagai tanaman hias  yang ditata mejadi taman indah membuat nyaman para pengunjung yang ingin camping ke air terjun jembong.

Selain menawarkan wisata alam air terjun jembong, Ambengan juga memiliki potensi wisata terasering hamparan sawah. Begitu alami nuansa pedesaan yang kita dapatkan ketika kita melihat undagan-undagan sawah yang merupakan lahan pertanian penduduk.  Dari ketinggian kita bisa melihat dari kejauhan kota Singaraja. Begitu menkjubkan, kesan itu yang akan anda dapatkan. Untuk yang senang dengan wisata trakking, desa Ambengan memberikan nuansa yang beda. Nuansa yang masih kental dengan suasana pedesaannya. Sekedar untuk jalan-jalan sambil refresing, Desa Ambengan lah tempatnya. (her)