(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Bank Sampah Kaliber, Sulap Sampah Jadi Cuan

Admin kominfosanti | 10 Januari 2024 | 74 kali

Bincang Komunikasi, sebuah podcast dari Dinas Kominfosanti Buleleng yang tayang di youtube resmi Pemkab Buleleng dan mengulik topik pembangunan di Kabupaten Buleleng episode Bank Sampah Kaliber, Selasa, 9 Januari 2024, menghadirkan Ketut Budiasa, SP, selaku Direktur Bank Sampah Kaliber, Kalibukbuk Bersih.

Berawal dari keinginan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual, Ketut Budiasa mulai merintis Bank Sampah Kaliber sejak tahun 2017. Hingga kini Bank Sampah Kaliber masih tetap aktif menerima sampah non organic dan sampah organic untuk diolah dan menjadi bernilai jual. Sejalan dengan hal tersebut Budiasa juga memiliki program belajar tari dan tabuh dibayar dengan sampah yang jumlah dan jenisnya sesuai kesepakatan, untuk anak-anak di sekitar sekretariat Kaliber.

Keinginan untuk mengubah mindset masyarakat bahwa “sampah bisa menjadi cuan” memotivasi Ketut Budiasa untuk semakin aktif mensosialisasikan pengolahan sampah kepada masyarakat. Melalui B’Kom ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memilah sampah, karena dari sampah bisa menjadi cuan. Selengkapnya B’Kom episode  Kaliber ini, bisa disaksikan di Youtube resmi Pemkab Buleleng.