(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Tingkatkan Kompetensi KIM, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Adakan Bimtek secara Virtual

Admin kominfosanti | 17 Juni 2021 | 284 kali

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, melalui Direktorat  Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik c.q.Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik melakukan pemberdayaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat KIM melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) KIM Tahun 2021. Bimtek yang dilaksanakan secara virtual ini berlangsung  pada hari Kamis, 18 Juni 2021.

Kegiatan Bimtek KIM ini bertemakan " Transformasi Menuju KIM Digital" . Di samping itu, Bimtek ini adalah sebagai upaya meningkatkan kompetensi KIM  dan sebagai corong komunikasi bagi masyarakat,  khususnya dalam meningkatkan keahlian teknis yang berhubungan dengan  pemanfaatan berbagai kanal media sosial dan pembuatan konten positif.  dengan tema"  digelar secara virtual (live streaming YouTube ) diikuti penggiat KIM se Indonesia

Kegiatan Bimtek KIM ini dibuka oleh Plt. Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI,  Bambang Gunawan.  Dalam  sambutannya Bamban Gunawan  menyampaikan, sudah saatnya kita semua bersiap untuk bertransformasi menjadi SDM yang melek digital, terlebih di era pandemi covid-19 ini, aktifitas masyarakat di berbagai lini kehidupan seperti bekerja, belajar, belanja dan sebagainya, telah dilakukan dalam ruang digital. Pandemi seakan menjadi momentum yang  tepat untuk melakukan percepatan transformasi digital. 

Pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo RI terus berupaya menciptakan ekosistem guna mendukung terwujudnya digitalisasi baik dari segi penyelenggaraan, infrastruktur dan kebijakan. Berdasarkan Permen Kominfo RI No. 08 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi dan Informatika dalam pasal 16 disebutkan KIM dipandang sebagai alat Pemitra yang memiliki potensi sebagai jejaring dalam pelaksanaan kegiatan diseminasi informasi publik. Diharapkan,  KIM di seluruh Indonesia siap bertransformasi ke arah digital di dalam beraktifitas baik dalam menjalankan usahanya maupun dalam aktifitas komunikasi publik. 

Hadir selaku narasumber dalam kegiatan ini  yaitu : 1. Thomas Herda dengan Materi                " youtuber Startet Pack", 2. Alfito Deannova Gintings dengan materi " Penulisan Berita Online", 3. Wicaksono "Ndoro Kakung", dengan materi " Strategi Pemanfaatan dan Pengelolaan Media Sosial". Dari Kominfosanti Hadir mewakili Kadis, Kabid PLIP,  Putu Idayati, SE. dan staf,  Mirayani. (PLIP/Idayati)