(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Bimtek SINONA di Kabupaten Buleleng, Langkah Inovatif Dalam Absensi Non ASN

Admin kominfosanti | 17 Januari 2024 | 397 kali

Pengoptimalan kualitas SDM di Kabupaten Buleleng menjadi prioritas dengan mengikuti digitalisasi, hal tersebut diwujudkan Dinas Kominfosanti Buleleng dalam mengembangkan aplikasi absensi Non ASN (SINONA) yang kali ini pada proses Bimbingan Teknis bertempat di Ruang Lab Komputer Dinas Kominfosanti, Rabu, (17/1).

Acara yang dilaksanakan oleh Diskominfosanti Buleleng bertujuan untuk mempermudah operator SINONA dalam mengoperasikan aplikasi inovatif ini.

Ketika ditemui, Ngakan Gde Dwi Dharma Yudha, Kabid Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia SPBE, mengungkapkan bahwa SINONA diciptakan untuk menyelaraskan absensi Non ASN dengan ASN, mencerminkan inovasi Dinas Kominfosanti mengikuti perkembangan era digital.

Dengan partisipasi 2 peserta dari Kecamatan Seririt, SINONA telah diuji coba di tiga instansi, termasuk Kecamatan Sukasada, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng. Permasalahan yang muncul di aplikasi dianggap sebagai bagian dari pengembangan, dengan koordinasi dan uji coba yang akan terus dilakukan.

Ngakan berharap SINONA dapat diterapkan di seluruh provinsi, sebagai pengoptimalan nilai SPBE dari Kabupaten Buleleng. Langkah ini dianggap sebagai kontribusi positif dalam menghadapi tuntutan era digital yang terus berkembang.