Dalam upaya meningkatkan layanan publik kepada masyarakat, Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng melakukan survey terhadap kepuasaan masyarakat yang bekerjasama dengan Undiksha Singaraja. Hasil survey ini terungkap saat Undiksha melakukan paparan IKM bertempat di ruang rapat Diskominfosanti, Kamis, (14/4).
Dalam paparannya, pihak Undiksa yang diketuai I Nengah Suastika bersama tim menyampaikan, dari 13 layanan yang dikaji dengan 9 indikator secara umum hasilnya baik. Namun tidak dipungkiri ada beberapa indikator yang masih kurang.
Secara teknis Suastika menerangkan, hasil survey diextract ke dalam tabel, diagram kartesius dan diagram radar. Hasil survey IKM secara keseluruhan sudah baik yaitu antara harapan masyarakat dan pemenuhan dari pemerintah dalam hal ini Dinas Kominfosanti, sudah terpenuhi.
Untuk metode survey dilakukan dengan wawancara dan mengisi kuesioner dengan sample 150 orang dan hasilnya diolah melalui aplikasi SPSS.
Ditambahkan, pihak Undiksha akan membantu memberikan tindak lanjut atas hasil kajian dan penelitian yang dilakukan untuk bahan perbaikan.
Sementara itu Kadis Kominfosanti Ketut Suwarmawan mengatakan hasil survey masyarakat dalam bentuk Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) sangat penting dilakukan untuk dapat mengevaluasi kinerja dari sebuah institusi.
Lebih lanjut Kadis Suwarmawan mengatakan, IKM ini berdasarkan Permenpan No. 14 Tahun 2017, bahwasannya setiap pelaksana pelayanan publik wajib melakukan IKM minimal 1 tahun sekali. Hal ini dimaksudkan sebagai pemetaan rencana kerja tindak lanjut dari sebuah layanan dan bahan evaluasi.
Diakhir pertemuan, Kadis Suwarmawan berharap kerjasama dengan Undiksha Singaraja tetap berlanjut dalam penelitian-penelitian kedepannya, sehingga mampu untuk memperbaiki kualitas layanan yang bermuara pada tingkat kesejahteraan masyarakat. (wd).