Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosanti) Kabupaten Buleleng yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik (PLIP), Putu Idayanti memaparkan materi pembinaan bagi organisasi di bidang kepemudaan, olahraga, dan pariwisata se-Kabupaten Buleleng di Kantor Camat Tejakula, Rabu, (15/6).
Dalam pemaparannya, Kabid Idayati menjelaskan tentang digitalisasi marketing pariwisata. Dimana, digitalisasi dalam pengalihan atau konversi data dan dokumen existing dari format analog ke bentuk digital sangatlah penting. Dikarenakan, aktivitas marketing pariwisata khususnya destinasi wisata dalam menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan menukarkan segala penawaran sangat memiliki nilai bagi pelanggan serta memberikan keuntungan dan tetap bertanggung jawab terhadap masyarakat luas.
Lebih lanjut, Idayati menyampaikan, adapun strategi marketing digital bagi destinasi wisata yakni, membuat dan mengoptimalkan konten di website, optimalkan penggunaan sosial media dan menjalin kemitraan.
"Pengoptimalan konten di website dapat cepat diakses, responsif, dan literasi yang informatif, kaya dan kuat. Sedangkan dalam optimalkan sosial media dapat dimaksimalkan aplikasi berupa Facebook, Instagram, Twitter, dan Tik tok. Untuk menjalin kemitraan perlu adanya komunitas fotografer, travel blogger, travel vlogger, instagrammer, dan bussines to bussines," ujarnya.
Sementara itu, pada kegiatan ini dilakukan dengan menyasar 4 Kecamatan dengan waktu yang berbeda. Adapun Kecamatan yang dimaksud yakni, Kecamatan Tejakula yang dilakukan hari ini, Kecamatan Kubutambahan, Kecamatan Sawan, dan Kecamatan Sukasada.