(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan kunjungan kerja dan studi komparasi ke Pemerintah Kota Malang.

Admin kominfosanti | 26 November 2021 | 62 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan kunjungan kerja dan studi komparasi terkait implementasi smart city dan penyusunan perencanaan master plan smart city di Pemerintah Kota Malang. Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng, Ketut Suwarmawan, S.STP, MM diterima langsung Asisten 3 Kota Malang, Sri Winarni di ruang Ngalam Command Center (26/11).

Dalam sambutannya, Sri Winarni menyampaikan selamat datang dan  menyambut baik kunjungan dari rombongan Pemkab. Buleleng ke Pemerintah Kota Malang. 

Sementara itu, Kadis Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan menjelaskan kunjungan kerja ini sebagai tindak lanjut rencana pembangunan Buleleng Command Center. "Kunjungan kami ke sini untuk melihat langsung bagaimana implementasi smartcity di Kota Malang, selain itu juga untuk menggali informasi tentang pengelolaan Ngalam Command Center untuk bisa kami jadikan referensi", ucapnya.

Dalam presentasi yang disampaikan Kepala Bidang Aptika Kominfo Kota Malang, Moh. Sidik, ST menjelaskan bahwa pengelolaan smart city di Kota Malang erat kaitannya dengan  transformasi nilai dan budaya pelayanan publik di Kota Malang. Pendekatan pembangunannya senantiasa mengedepankan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Kota Malang sesuai peran masing-masing. Dalam mendukung pemgembangan smart city,  Pemkot Malang mengembangkan smart gov, smart ekonomi, smart society dengan membangun berbagai aplikasi dan dukungan infrastruktur IT. Lebih lanjut terkait dengan pembangunan Ngalam Command Center, Sidik mengatakan pembangunan NCC dimulai pada tahun 2016 dan mulai launching di tahun 2017. 

Diakhir acara, dilanjutkan dengan berkeliling dan melihat langsung pengelolaan NCC dan terakhir diserahkan cindramata oleh-oleh khas Buleleng.