(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Kominfosanti Ikuti Bimtek Virtual Usulan Kebutuhan ASN Tahun 2024

Admin kominfosanti | 16 Januari 2024 | 219 kali

Kabupaten Buleleng terus menunjukkan komitmen tinggi dalam menghadapi perubahan dinamika pemerintahan dengan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) secara virtual. Inisiatif ini, yang diinisiasi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), menjadi langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup kerja pemerintahan, khususnya untuk persiapan ASN tahun 2024.

Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng turut serta aktif dalam kegiatan Bimtek yang digelar pada Selasa, (16/1). Keikutsertaan diikuti langsung oleh Kadis, Sekdis, para kabid, dan staf yang fokus pada kepegawaian yang  mencerminkan semangat tinggi untuk meningkatkan kualitas SDM di instansi pemerintah daerah.

Sebagai narasumber, Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi (PPI) BKPSDM, Made Herry Hermawan, menghadirkan perspektif mendalam. Selain membahas aspek teknis ASN, Herry juga menyoroti arah kebijakan yang diambil untuk mendukung tugas pokok dan fungsi kinerja di pemerintahan. Pembahasan mencakup strategi dan perubahan yang perlu diimplementasikan agar ASN dapat selaras dengan tuntutan perubahan zaman dan beliau juga menyampaikan batas waktu akhir untuk pengajuan usulan kebutuhan ASN tahun 2024 yang nantinya disampaikan melalui SIASN Layanan Perencanaan Kebutuhan ASN .

Pentingnya pemahaman terhadap regulasi baru dalam kepegawaian menjadi fokus utama dalam Bimtek ini. Organisasi Setda Buleleng juga turut berkontribusi melalui Ibu Sinta sebagai perwakilan. Ibu Sinta memberikan penjelasan komprehensif mengenai Kepmenpan No. 11 tahun 2024 yang mengatur jabatan pelaksana. Penjelasan ini tidak hanya memberikan informasi formal, tetapi juga menggali implikasi dan dampaknya terhadap tugas-tugas ASN di lapangan.

Penggunaan platform virtual sebagai medium Bimtek menunjukkan langkah progresif dalam meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas. Selain menyajikan materi yang relevan, interaktivitas tetap menjadi fokus, memungkinkan peserta untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman langsung melalui saluran virtual. Kegiatan ini lebih berorientasi pada pertukaran pemikiran dan berbagi pengalaman antar peserta Bimtek.

Harapannya, Bimtek ini tidak hanya menjadi acara rutin, melainkan wadah untuk membangun komunitas ASN yang terampil, terinformasi, dan siap menghadapi perubahan serta tugas di tahun 2024. Kabupaten Buleleng dengan inisiatifnya menunjukkan bahwa inovasi dan adaptasi menjadi kunci sukses dalam menghadapi tantangan kompleks di dunia pemerintahan.