(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Forum Perangkat Daerah Rancangan Awal Rencana Kerj Tahun 2025

Admin kominfosanti | 22 Februari 2024 | 143 kali

Dalam rangka menyusun rancangan awal Rencana Kerja (Renja) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfoss) Provinsi Bali tahun 2025, maka pada tanggal 21 Februari 2024, Dinas Kominfoss Provinsi Bali menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Rancangan Awal Rencana Kerja Tahun 2025. 

Kegiatan ini melibatkan seluruh Dinas Kominfoss Kabupaten/Kota se-Bali, KI, KPI, RRI, TVRI, dan stakeholder lainnya yang terkait dengan komunikasi dan informatika. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfos, yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Dinas Kominfoss Provinsi Bali, Drs. I Dewa Ketut Rai Rustina, Msi.. yang dilaksanakan pada kemarin Rabu,(21/2).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfoss Provinsi Bali menyampaikan bahwa Forum Perangkat Daerah ini merupakan ajang singkronisasi program kegiatan antara Dinas Kominfoss Provinsi Bali dengan dinas-dinas yang menangani urusan komunikasi, informatika, persandian dan statistik sektoral di kabupaten/ kota se-Bali. Sehingga diharapkan dalam kegiatan ini ada masukan-masukan yang dapat diadopsi dalam penyusunan Rencana Kerja Dinas Kominfoss Provinsi Bali Tahun 2025.


Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng yang dalam kesempatan itu diwakili oleh JFT Perencana Ahli Muda, FA Wawan Triyudawanto, ST.,M.Kom., menyampaikan beberapa usulan, yaitu: perlunya pendampingan penerapan SPBE oleh Dinas Kominfoss Provinsi Bali ke Dinas Kominfo kabupaten/Kota se-Bali sehingga jangan hanya Provinsi Bali saja yang dapat memperoleh nilai Indeks SPBE yang paling tinggi, tetapi juga dapat mengangkat nilai indeks SPBE kabupaten/kota lain di Provinsi Bali. Selain itu juga diusulkan penambahan titik layanan Bali Smart Island sebanyak kurang lebih 20 titik yang menyasar daerah-daerah blank spot yang masih ada di Kabupaten Buleleng. Peningkatan kapasitas SDM dibidang keamanan siber juga menjadi usulan yang disampaikan dalam kesempatan tersebut, selain dari pada proses integrasi aplikasi Satu Data Buleleng dengan Satu Data Provinsi Bali.