(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Bimbingan Teknis Aplikasi SIAK

Admin kominfosanti | 20 Desember 2017 | 468 kali

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng gelar Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kependudukan (SIAK) bagi Aparatur Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Buleleng yang di langsungkan di Ranggon Sunset (19/12/17).  Acara dibuka Kadisdukcapil Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa data kependudukan dari SIAK merupakan satu – satunya data yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, penting sekali menjaga data penduduk yang valid. Diharapkan dengan adanya Bimtek ini peserta dapat memahami aplikasi, jaringan komunikasi serta dapat memanfaatkan data penduduk sesuai hak akses yang diberikan.

Desain jaringan Pemkab Buleleng secara umum dan jaringan SIAK menjadi materi yang disampaiakan Kasi Keamanan Informasi e-government, Dinas Kominfosandi Buleleng, Nyoman Budarsa, S.Kom. Budarsa yang dihadirkan sebagai narasumber pada acara tersebut. Selain membahas tentang jaringan Budarsa juga memberikan teknik konfigurasi jaringan serta mengelola jaringan pada masing-masing kantor desa, sehingga memberikan pemahaman dasar terkait dengan pengelolaan jaringan.

Sementara dari Dinas Dukcapil memberikan materi tentang teknis penggunaan aplikasi SIAK. Bimtek dihadiri oleh aparatur Desa dan Kelurahan lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.