(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Dekranas Buleleng Gelar Peringatan HUT Dekranas Ke- 38

Admin kominfosanti | 22 Maret 2018 | 373 kali

Ketua Dekranas Kabupaten Buleleng Gelar Acara Peringatan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ke- 38 di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja pada hari Kamis, (22/3).
Berbagai hasil UKM dan IKM Buleleng terpajang rapi dalam rangka memperingati HUT Dekranas Ke-38, antara lain hasil olahan pangan keripik bunga pisang dari Desa Bulian, Roti GO dari Kelurahan Kampung Baru, kerajinan fiber dari Desa Sanggalangit dan kerajinan bokor Desa Petandakan. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Waki Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG dalam kesempatan itu menyempatkan diri melihat hasil UKM dan IKM tersebut.
Sementara itu, dalam laporan Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kab. Buleleng Drs. Ketut Suparto, MMA menerangkan bahwa peringatan HUT Dekranas Ke-38 mengambil tema “Kita Bangun Daya Saing Produk Industri Kreatif Buleleng Menuju Pasar Global”. Diangkatnya tema tersebut melihat kondisi Buleleng terkait industry kreatif yang memiliki daya tahan yang baik ditengah persanginan pasar global. Dijelaskan juga maksud dan tujuan peringatan HUT Dekranas tahun ini adalah memberikan ruang untuk tukar menukar informasi antar pelaku usaha kerajinan dan silahturahmi pengurus Dekranas Buleleng serta sebagai wadah pengenalan produk IKM Buleleng.
Selanjutnya, dalam sambutan Ketua Dekranas Kab. Buleleng Ny. Aries Suradnyana menjelaskan bahwa Dekranas Buleleng bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Buleleng telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mengenalkan dan mempromosikan IKM Buleleng secara luas, salah satu upaya tersebut adalah melakukan pelatihan pemasaran media online dan teknik photograpy terhadap pelaku IKM di Kabupaten Buleleng secara berkesinambungan. Pelatihan tersebut sangat penting dilakukan, melihat kondisi pemasaran sekarang ini lebih bagus melalui media online. Selain memberikan pelatihan, dari Kemerterian juga sudah memberikan workshop tentang peningkatan kualitas produk dan mendatangkan narasumber dari pelaku IKM sukses yang memberikan motivasi dan tips-tips dalam menumbuhkan jiwa kreatif agar produk tetap mendapatkan tempat di hati konsumen.
Dalam kesempatan itu pula, Bupati Agus Suradnyana dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng akan selalu memberikan ruang kepada para pelaku IKM di Kabupaten Buleleng dalam berbagai event. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan, mempromosikan dan memasarkan hasil produk IKM Buleleng. Terkait dengan persaingan di pasar global, sudah diupayakan untuk memperoleh label “halal” pada Badan Pengawas Obat dan Makanan Pusat. Bupati Agus Suradnyana berharap kedepannya produk IKM Buleleng lebih luas lagi pemasarannya dan kualitasnya pun lebih baik. (Agst)

Download disini