(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Desa Tukad Sumaga Siap Bentuk KIM

Admin kominfosanti | 05 Maret 2018 | 599 kali

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kabupaten Buleleng melalui Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik yang dikepalai oleh Ketut Redika melakukan kegiatan penjajagan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke Kantor Perbekel Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak pada hari Senin, (5/3). Ditujunya Desa Tukad Sumaga sebagai sasaran pembentukan KIM, karena melihat dari besarnya potensi produksi hasil pertanian, terutama hasil produksi jagung. Selain potensi di bidang pertanian, Desa Tukad Sumaga juga memiliki berbagai macam potensi lainnya, seperti, kerajinan anyaman bambu dan olahan pangan gula merah.
Dalam kunjungannya, Ketut Redika menjelaskan bahwa pembentukan KIM merupakan upaya tindaklanjut dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 17 Tahun 2009 tentang Diseminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Peraturan Menteri Komunikasi dan InformatikaRI No. 08/PER/M.Kominfo/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial. Pembentukan KIM bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengenalkan segala jenis potensi desa dengan menyebarluaskan informasi melalui media aplikasi web yang disebut Blog. Berbagai macam artikel atau tulisan maupun foto serta video tentang desa dapat dituang di dalam Blog. Ketut Redika juga menjelaskan bagi desa yang sudah membentuk KIM, akan diberikan pelatihan secara berkelanjutan. Mulai dari pelatihan pengenalan akses internet, pembuatan blog dan pengelolaan blog oleh pengurus KIM. Setiap KIM ditunjuk maksimal mengirim empat orang pengurus untuk mengikuti pelatihan dimaksud.
Mencermati penjelasan tersebut, Perbekel Desa Tukad Sumaga I Made Gelgel menyatakan siap untuk segera membentuk KIM. Dalam beberapa waktu kedepan, Made Gelgel berencana akan mengumpulkan seluruh kelompok masyarakat yang ada di desanya, baik gabungan kelompok tani maupun kelompok wanita tani untuk membentuk KIM dan mengikuti pelatihan di Dinas Kominfosandi Buleleng yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Made Gelgel berharap, dengan terbentuknya KIM Desa Tukad Sumaga dapat lebih mengenalkan dan mengembangkan produksi hasil pertanian maupun kerajinan serta olahan pangan kepada masyarakat luas, sehingga pergerakan ekonomi masyarakat Desa Tukad Sumaga menjadi lebih baik dan lebih sejahtera. (Agst).

Download disini