Dalam rangka persiapan pemaparan laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2018 dan penilaian Reformasi Birokrasi (RB) 2018, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng, Dr. Drs. I Ketut Suweca, MSi., didampingi Kasubag Perencanaan, FA Wawan Triyudawanto, ST., dan Kasi Hubungan Media, I Ketut Widiasa, SE., mengikuti rapat persiapan evaluasi SAKIP, RB dan Reviu ZI di hotel Puri Saron Pemaron pada hari Rabu (7/8). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Buleleng ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan, I Putu Karuna, SH., dengan narasumber dari Biro Organisasi Provinsi Bali, yaitu: Kepala Bagian Pengembangan Kinerja, I Made Dwi Dewata, SSTP., MSi., dan Kepala Sub Bagian Peningkatan Kinerja, Ni Gst. Ag. Nym. Adyani Utari, ST.
Rapat persiapan ini sendiri diisi dengan simulasi paparan dari 4 perangkat daerah yang hadir, dimana untuk paparan AKIP diwakili oleh RSUD dan Dinas Pertanian sedangkan untuk paparan RB diwakili oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Atap. Dari hasil simulasi paparan AKIP yang telah dilakukan, Bapak I Made Dwi Dewata memberikan beberapa masukan, dimana agar kepala Perangkat Daerah yang memaparkan tidak melihat slide yang ditayangkan dan langsung menyampaikan paparannya secara singkat, jelas dan hanya menjelaskan kinerja bukan kerja. Diharapkan juga dalam paparannya mengandung beberapa unsur sebagai berikut: Tujuan, Sasaran, Outcome, Hasil, Kondisi positif yang ingin diwujudkan/ ditingkatkan, Kondisi negatif yang ingin dihilangkan/ diturunkan, dan Kinerja perangkat daerah.
Sedangkan dari simulasi paparan RB, Ibu Nyoman Adyani memberikan beberapa masukan, antara lain terkait materi yang disampaikan agar sesuai dengan kondisi yang ada pada masing-masing perangkat daerah, tidak perlu menyampaikan teori tentang RB. Selain itu juga perlu disampaikan di awal paparan tentang kondisi birokrasi yang ada sebelum direformasi, masalah-masalah yang muncul, dan langkah-langkah yang akan diambil/ dilaksanakan. (wan-sekretariat)