(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

EVALUASI SPBE, KEMEN PAN-RB NILAI TINGKAT KEMATANGAN K/L/D TERAPKAN E-GOVERNMENT

Admin kominfosanti | 15 April 2018 | 629 kali

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI menyelenggarakan Sosialisasi Evaluasi SPBE pada tanggal 13 April 2018 di Ruang Rapat Samudra Pasai Kementrian PAN-RB Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman dan menyiapkan kementrian, lembaga dan pemerintah daerah untuk pelaksanaan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasiskan Elektronik (SPBE). Sekretaris Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementrian PAN-RB, Siti Nurhayati yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa evaluasi SPBE ini merupakan kelanjutan dari evaluasi PEGI (Pemeringkatan Elektronik Government Indonesia) yang dilaksanakan oleh Kementrian Kominfo RI dan berakhir tahun 2014. Tahun 2018 akan mulai dilaksanakan lagi dimana evaluasi dilaksanakan oleh Kementrian PAN-RB ini akan bekerjasama dengan 5 Perguruan Tinggi, yaitu: Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Telkom Bandung, dan Universitas Gunadarma Jakarta.

Menurut Tim Evaluator Kementerian, yang diwakili oleh Dr. Singgih Jatmiko dan Dr. Detty Purnamasari dari Universitas Gunadarma Jakarta, ada 3 domain dari setiap K/L/D yang menjadi pokok evaluasi SPBE, yaitu Kebijakan Internal, Tata Kelola SPBE dan Layanan SPBE. Dari ketiga domain tersebut, terbagi lagi menjadi 7 aspek dan 35 indikator yang akan dinilai melalui 5 tahapan, mulai dari Evaluasi Mandiri oleh Tim Evaluator internal K/L/D, dilanjutkan Evaluasi Dokumen oleh Tim Evaluator Kemen PAN-RB, kemudian dilalukan Wawancara kepada Tim Evaluator internal K/L/D oleh Tim Evaluator Kemen PAN-RB, setelah itu dilakukan Observasi Lapangan langsung oleh Tim Evaluator Kemen PAN-RB, dan terakhir adalah tahapan pengelolaan, analisis dan pelaporan hasil evaluasi oleh Tim Evaluator Kemen PAN-RB untuk ditetapkan dan dipublikasikan hasilnya. Untuk itu, setiap K/L/D harus membentuk Tim Evaluator internal yang leading sektornya diserahkan ke masing-masing K/L/D. Proses evaluasi ini akan dimulai pada bulan April 2018 sampai dengan bulan November 2018.
Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. Buleleng dihadiri oleh Kabid. Layanan e-Government, Ngakan Dwi Dharma Yudha, SE, MPA., dan Ksb. Perencanaan, F.A. Wawan Triyudawanto, ST.