(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

KOMINFOSANDI GELAR RAKER PENGELOLAAN WEBSITE

Admin kominfosanti | 26 Maret 2018 | 646 kali

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. Buleleng gelar Rapat Kerja Pengelolaan Situs Resmi Pemkab. Buleleng Tahun 2018 yang dilaksanakan di gedung unit IV Kantor Bupati Buleleng (26/3/18). Tema yang diambil pada raker kali ini yaitu Penguatan Website Resmi Pemkab. Buleleng dalam Layanan Informasi Publik. Raker dibuka Kepala Bidang Layanan e-Government, Dinas Kominfosandi, Ngakan Gde Dwi Dharma Yudha, SE, MPA mewakili Kepala Dinas Kominfosandi. Dalam pengantarnya, Kabid e-gov, Ngakan menyampaikan selamat datang kepada semua peserta undangan dan diharapkan melalui raker ini layanan informasi publik melalui website resmi Pemkab Buleleng akan lebih optimal. Kabid Ngakan juga membawakan materi tentang penguatan website dalam layanan informasi, serta evaluasi pengelolaan website Pemkab Buleleng tahun 2017.

Pada kesempatan ini dihadirkan pembicara dari tiga SKPD yang meraih prestasi terbaik dalam pengelolaan subdomain website SKPD tahun 2017 untuk memberikan testimony terkait pengelolaan website SKPD. Adapun diantaranya dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Buleleng yang dihadiri langsung Kepala Dinas Disdikpora Kab Buleleng, Drs. Gede Suyasa,M.Pd. Dalam paparannya Kadisdikpora Gede Suyasa menjelaskan tentang pengelolaan informasi publik pada instansi yang dipimpinnya dengan strategi Disdik Today Melewati Ruang dan Waktu yang merupakan inovasi dalam pengelolaan informasi pada Disdikpora Kab. Buleleng. Dari Bagian Layanan Pengadaan Setda Kab. Buleleng, juga dihadiri langsung Kepala BLP Setda Kab. Buleleng, Ir. Made Budhi Setiawan yang menjelaskan bahwa  salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelengaraan pemerintah yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh jaminan keterbukaan informasi. Sehingga ia menganggap bahwa pengelolaan informasi publik merupakan suatu perintah sebagai pertanggungjawaban keterbukaan informasi kepada publik. Adapun beberapa strategi yang dilakukan yaitu dengan pengawasan terhadap kinerja operator pengelola website serta memberikan dukungan/support dalam melaksanakan tugasnya. Sementara dari RSUD Kab. Buleleng yang diwakili Kasubag SIMRS, Pemasaran dan Humas, I Ketut Budiantara, S.Kom juga memberikan kiat kianya dalam mengelola website di RSUD Kab. Buleleng, mulai dari penunjukan operator yang khusus diberikan tugas dalam pengelolaan website sehingga fokus dalam tugasnya sebagai pengelola website RSUD Kab. Buleleng.

Pemaparan testimony dari ketiga pembicara yang dihadirkan diharapakan dapat memotivasi operator pengelola website SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk lebih semangat dan optimal dalam pengelolaan informasi publik melalui media website sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Selain menghadirkan tiga pembicara dari Disdikpora, BLP, dan RSUD, juga dihadirkan narasumber dari Daksa Digital yang membawakan materi terkait pengelolaan teknis website dan keamanan informasi.

Kadis Kominfosandi Kab. Buleleng, Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si yang hadir untuk menutup acara raker menyampaikan bahwa tantangan kedepan terkait dengan pemanfaatan TIK akan semakin kompleks. Saat ini disebutkan ada beberapa aplikasi yang dikelola di Kab. Buleleng. Sesuai rencana Diskominfosandi Buleleng serta arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan diupayakan untuk menintegrasikan aplikasi-aplikasi yang dimungkinkan untuk bisa diintegrasikan. Sehingga akan lebih memudahkan dalam akses informasi dan layanan kepada masyarakat. Kadis Suweca juga berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap semangat dalam meberikan layanan informasi publik melalui website resmi Pemkab Buleleng.

Hadir sebanyak 80 peserta raker dari seluruh operator website SKPD lingkup Pemkab. Buleleng, undangan dari Kelurahan serta dari Badan Usaha Milik Daerah. (her)