(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Majalah SIMA Edisi 5 Terbit, dan Siap Didistribusikan

Admin kominfosanti | 23 November 2017 | 378 kali

Majalah Singa Manggala (SIMA) Edisi 5 telah diterbitkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kabupaten Buleleng melalui Seksi Pengelolaan Media Komunikasi Publik, Kamis (23/11).

Majalah SIMA kali ini memuat laporan utama “Apa Kabar KIS di Buleleng?” yang ditulis oleh Satriya Koesuma selaku Tim Redaksi SIMA. Di dalamnya menjelaskan fungsi dari KIS itu sendiri, yang mana terdapat KIS untuk warga misikin yang iurannya setiap bulan dibayar oleh Pemerintah dengan pelayanan kesehatan kelas III dan KIS mandiri dibayar oleh pesertanya setiap bulan yang besarannya menyesuaikan kelas yang dipilih yaitu kelas I, II dan III. Secara khusus dibahas bagaimanakah peredaran KIS di Kabupaten Buleleng, Menurut Kadis Sosial Kab. Buleleng Drs. Gde Komang mengungkapkan dari jumlah penduduk di Buleleng sebanyak 881.989 ribu jiwa lebih. Untuk KIS warga miskin di Kabupaten Buleleng yang dibiayai Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mencapai 372.142 KIS. Dari jumlah tersebut, prosentase peredaran KIS untuk warga miskin sudah mencapai 42% dengan arti ideal karena lebih tinggi dari sasaran yang ditargetkan yaitu 40%.

Sementara itu, adapun Tajuk yang ditulis oleh Kadis Kominfosandi Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si yaitu Semangat Berbagi. Kadis Suweca teringat akan ucapan Jack Ma pemilik Alibaba.com “Umur 50 ke atas adalah saatnya berfokus untuk berbagi”. Jakc Ma berpandangan, mereka yang sudah berhasil dalam hidupnya, yang pada umumnya diusia 50 tahunan, seyogianya lbih peduli lagi kepada orang lain. Alasannya, sisa usia dan hidup akan menjadi lebih bermanfaat dan bermakna dengan membantu orang lain. Kadis Suweca mengungkapkan ajakan pemilik Alibaba.com tersebut barangkali bisa mengingatkan kita untuk tidak egois menjalani hidup dengan melulu mementingkan diri sendiri, bahkan sama sekali tanpa mempedulikan orang lain : senantiasa berpikir dan bertindak hanya untuk memperoleh sesuatu sebesar-besarnya, kendati merugikan orang lain. Orang mengandaikan perilaku kemaruk seperti ini, seperti orang yang berenang dengan gaya katak, kedua tangan dan kaki menyepak ke kiri ke kanan. Orang semacam ini hanya ingin menang sendiri, senang sendiri, dan bahagia sendiri.  Demikian sekilas tajuk yang ditulis Kadis Suweca.

Selain itu, dimuat juga berbagai informasi terkait perkembangan KIS di Kabupaten Buleleng antara lain, Sulinggih dan Pemangku dapat KIS, Puskesmas Pembantu juga Layani JKN-KIS. Berbagai artikel juga dimuat yakni Guru di Kota Lebih Berkualitas oleh Romi Sudhita, Melampaui Pikiran oleh Made Mustika. Dokumentasi Kunker Presiden Jokowi ke Buleleng Bagikan PKH, KIP dan Sertifikat Tanah dan Wabup Sutjidra Serahkan 140 Unit BSPS di Lokapaksa.

 Kasi Pengelolaan Media Komunikasi Publik Made Antara, SE dalam kesempatan wawancara menerangkan “Majalah SIMA ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng, sekaligus juga memotivasi budaya membaca masyarakat Buleleng”. Secara sigap setelah majalah terbit, staf kami segera mengkondisikan jumlah majalah SIMA untuk didistribusikan ke seluruh SKPD Lingkup Pemkab Buleleng, SMP dan SMA/SMK di Singaraja. (Agst).