(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Open Source disosialisasi

Admin kominfosanti | 23 Januari 2013 | 794 kali

Dinas Komunikasi dan Informatika melalui Bidang SIM (Sistem Informasi Manajemen) menggelar sosialisasi tentang OPEN SOURCE pada hari Selasa (25/09) di Dekopinda Kab. Buleleng. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Drs. I Ketut Suweca M.Si.

Dalam arahanya Kadis Kominfo mengungkapkan sesuai surat Menkominfo mestinya Open Source sudah dilaksanakan per 31 desember 2011 lalu, sehingga program Open Source lebih awal dipahami secara luas. Kelanjutan itu, dilakukan pelatihan-pelatihan secara teknis. Kedepannya, diharapkan, para peserta sosialisasi agar bisa meneruskan teknologi yang sedang berkembang ini kepada masyarakat Buleleng.

Dari sosialisasi itu terungkap Open Source itu adalah sistem pengembangan yang tidak dikordinasikan oleh suatu individu atau lembaga pusat, tetapi oleh para-para pelaku yang bekerja semua dengan memanfaatkan kode sumber yang tersebar dan tersedia bebas. Peserta sosialiassi juga diharpakan memahami pengertian FOSS. FOSS memiliki point-point pengertian: sofware dengan lisensi bebas terbuka, free bukan berartti gratis, free berarti merdeka atau bebas untuk menggunakan, menyebarkan dan mempelajari.
Peserta sosialisasi dari perwakilan SKPD se pemkab Buleleng, sebanyak lima puluh peserta.

Turut hadir dalam sosialisai tersebut Seketaris Kominfo Drs. Nyoman Laksaketi, Kabid SIM Ida Ayu Ketut Asmani SH. Serta Narasumber sosialisai Foss Sofware I Wayan Sudana.S.Kom.(km)