(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Temu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Festival Media Pertunjukan Rakyat Nasional 2017

Admin kominfosanti | 24 November 2017 | 500 kali

Dinas Kominfosandi Buleleng yang diwakili PLT sekretaris, Ketut Yadnya, SH didampingi Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Drs. Ketut Redika dan Kepala Seksi Pengelolaan Media Komunikasi Publik, Made Antara, SE menghadiri Temu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Festival Media Pertunjukan Rakyat Nasional 2017 yang dirangkai dengan Sinergi Aksi Informasi dan Kominikasi Publik (SAIK) 2017 diselenggarakan di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan dari tgl 21-24 November 2017. Untuk acara pembukaan dan forum diselenggarakan di Novotel Jl. R. Sukamto No.8A. Palembang sedangkan Festival dan Pameran dilaksanakan di PSCC, Jl. POM IX No.2 Lorok Pakjo Palembang. Acara tersebut dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Dr. Asman Abnur, SE, M.Si didampingi oleh Gebernur Sumatera Selatan, Ir. Alex Noerdin SH, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti selaku Ketua Panitia SAIK Tahun 2017. Peserta undangan dari masing Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Indonesia, Forum Bakohumas, serta anggota KIM Tingkat Nasional.  
Dalam laporan Ketua Panitia dijelaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan di bidang infrastruktur, infostruktur, maupun suprastruktur kominfo, melalui peningkatan kemampuan menggunakan TIK, kemampuan literasi dan penguatan kelembagaan, masyarakat secara perorangan maupun melalui kelompok yang diharapkan mampu mendayagunakan nilai tambah informasi guna meningkatkan kohesi sosial, taraf hidup dan kesejahteraan. Nantinya diharapakan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat bersinergi dengan masyarakat dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan bidang Kominfo yg semakin harmonis.
Peserta yang hadir saat ini berjumlah 3.500 orang terdiri dari beberapa pejabat tinggi kementerian dan lembaga, humas kementerian/lembaga, BUMN/D, Perguruan tinggi se Indonesia, humas sekretariat daerah Prov/Kab/Kota se Indonesia, Dinas Kominfo Prov/Kab/Kota se Indonesia Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Forum Komunikasi Media Tradisional, serta Komunitas Blogger dari berbagai daerah di Indonesia.
Dalam kegiatan ini utamanya dalam memeriahkan Festival Media Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional Tahun 2017 telah ada 10 perwakilan dari Provinsi yang menyumbangkan keseniannya yaitu:
1. Sumatera Selatan
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Jambi
5. Jawa Barat
6. Jawa Tengah
7. D.I. Yogyakarta
8. Kalimantan Barat
9. Papua
10. Papua Barat

Terkait dengan acara tersebut di atas, MENPAN RB dalam sambutannya memuji kinerja Gubernur Sumsel, dengan menyatakan bahwa majunya sebuah daerah sangat tergantung dari mimpinya Kepala Daerah. Makin besar mimpinya Kepala Daerah maka hasil yang diperoleh akan semakin besar pula, sebagaimana yg telah dilakukan oleh Gubernur Sumsel. Dijelaskan pula bahwa berdasarkan riset via medsos, bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, terbukti tahun 2016 jumlah pengguna internet 88,1 juta, jumlah ini di tahun 2017 meningkat menjadi 132,7 juta atau meningkat sekitar 51 prosen, dari jumlah penduduk sekitar 262 juta. Ini berarti sudah sebagian besar jumlah penduduk Indonesia sudah tidak asing lagi dengan internet maupun teknologi.
Lanjut beliau menjelaskan bahwa di era sekarang dimana konektifitas internet tersambung terus menerus, dan sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia, dan bahkan banyak hal yang tidak kelihatan tetapi berdampak sangat besar (HOAK). Termasuk juga dalam pengelolaan komunikasi publik. Bila Humas Pemetintah sebagai pengelola komunikasi publik tidak kreatif dan tidak inovatif, pasti akan ditinggal oleh masyarakat. Maka dari itu Humas Pemerintah tidak lagi berada di zona nyaman, tapi harus segera bertranspormasi ke zona kompetitip. Tidak bisa lagi terpaku pada bidang manual, tapi harus bertranspormasi ke zona degital. Humas tidak lagi pengelolaan komunikas publik dengan cara biasa tapi harus semakin kreatif dan inovatif. Humas Pemetintah tidak lagi berpuas diri dengan capaian kinerja saat ini, tapi harus memacu diri untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri seiring dengan tuntutan dan perkembangan jaman.
Sedangkan Gubernur Sumsel dalam sambutannya tanpa teks menyatakan kegembiraannya yang luar biasa, karena kegiatan ini bisa diselenggarakan di wilayahnya, ini berarti kepercayaan yang diembannya harus bisa dipelihara dengan baik. Namun beliau tidak kawatir, karena berbagai kegiatan telah mereka selesaikan dengan baik, bukan hanya yang bertarap nasional yang mereka emban, tapi yang bertaraf internasionalpun mereka sanggup. Ini sudah terbukti dengan adanya kolan renang jaka baring, Veneu dayung terbaik di dunia, dan sebentar lagi akan terselenggara 18 th ASIAN GAMES Jakarta Palembang 2018. Palembang Emas, Palembang yang Elok, Madani, Aman dan Sejahtera.