(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Tingkatkan Kemampuan Bidang Jurnalistik, Operator Sub Domain Dapat Pembinaan Jurnalistik

Admin kominfosanti | 21 Oktober 2013 | 822 kali

Sebanyak 25 operator website sub domain SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng mendapatkan pembinaan di bidang jurnalistik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang jurnalistik, terutama yang terlibat langsung dalam pengisian konten website SKPD. “Kegiatan ini sebagai langkah awal atau pengenalan awal di bidang jurnalistik kepada operator website sub domain SKPD, dan untuk kedepannya,  kegiatan seperti ini akan lebih diintensifkan lagi,”. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kominfo, Drs. I Ketut Suweca, M.Si, saat memberikan sambutan pada acara pembinaan jurnalistik operator website di Gedung Dekopinda (17/10/13).

 
Sementara itu, wartawan senior Bali Post, Made Adnyana Ole yang dihadirkan sebagai narasumber memberikan pemaparan tentang pengetahuan dasar jurnalistik. Salah satu yang ditekankan dalam penulisan sebuah berita adalah menentukan lead berita. Menurutnya Lead berita sangat penting. Lead adalah sebuah tulisan pembuka yang dianggap paling penting dari sebuah peristiwa atau kejadian dan merupakan titik penting bagi pembaca, sehingga pembaca akan tertarik untuk membaca berita yang kita dibuat. Selain itu juga, Ole menjelaskan bahwa pendidikan menulis tidak bisa dipelajari hanya di kelas atau di bangku perkuliahan saja, melainkan sangat baik dipelajari dengan terjun langsung ke lapangan, sehingga hasil yang didapat akan lebih baik.
Acara ini ditutup oleh Kabid Sistem Informasi Manajemen, Putu Oka Sastra, SP.MMA dan dalam pesan penutupnya, dia menegaskan kepada petugas operator untuk lebih giat lagi menulis, baik menulis berita ataupun artikel, sehingga akan lebih mengasah kemampuan dan mendapatkan hasil yang baik dan maksimal. Diharapkan setelah pembinaan ini, operator website akan lebih aktif untuk mengisi konten sub domain websitenya, utamanya informasi tentang kegiatan yang dilaksanakan untuk menunjang pembangunan di Buleleng oleh masing-masing SKPD.(her)