(0362) 21146
kominfosanti@bulelengkab.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik

Tips Atasi Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi

Admin kominfosanti | 13 Oktober 2021 | 34 kali

Indonesiabaik.id - Masyarakat yang ingin beraktivitas di ruang publik seperti mall, supermarket, restoran, atau ingin menggunakan moda transportasi (darat, laut, dan udara) kini perlu memiliki aplikasi PeduliLindungi. Akan tetapi, aplikasi PeduliLindungi pun kerap error dan tidak berfungsi salah satunya tidak bisa scan barcode.

Cara Atasi Tidak Bisa Scan Barcode

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah yang membuat aplikasi PeduliLindungi tidak berfungsi dimana salah satunya tidak bisa Scan Barcode. Caranya yaitu:

  1. Log in secara berkala

Login (masuk) lalu logout (keluar) secara berulang-ulang juga bisa mengatasi masalah tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi. Dengan cara ini, aplikasi akan memberi respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code akan berfungsi seperti semula.

 

  1. Membersihkan data cache

Tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi juga bisa disebabkan oleh penuhnya ruang penyimpanan ponsel. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar ruang penyimpanan kembali kosong adalah dengan menghapus data cache.

 

  1. Menutup aplikasi di background

Pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background sebelum melakukan scan barcode PeduliLindungi.

 

  1. Memperbarui aplikasi

Pastikan rutin mengecek pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru agar aplikasi berjalan lancar.


Sumber: https://indonesiabaik.id/infografis/tips-atasi-tidak-bisa-scan-barcode-pedulilindungi